Demokrat Tanggapi Positif Kerja Sama KPU-Lemsaneg

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, October 9, 2013 | 8:10 PM




Warga melintas di depan lambang Partai Demokrat di kawasan Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/6/2012). Berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia, elektabilitas Partai Demokrat turun dari 13,7 persen (survei bulan Januari 2012) menjadi 11,3 persen. Sementara tempat pertama ditempati Partai Golkar 20,9 persen, dan PDI Perjuangan 14 persen. KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN | KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN









JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat ternyata menanggapi positif kerja sama Komisi Pemilihan Umum dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) terkait data pemilu. Partai penguasa itu setuju Lemsaneg menangani pengamanan data pemilu.

"Data harus terbuka. Jadi hanya lembaga yang sudah piawai dan untuk pengolahan, analisa data. Jadi tidak apa-apa kerja sama dengan lembaga pemerintah," ujar Ketua DPP Demokrat Bidang Kesra M Jafar Hafsah di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Dia meminta publik tidak khawatir atas keterlibatan Lemsaneg mengamankan data pemilu. Menurutnya, meskipun Lemsaneg bertanggung jawab kepada Presiden, namun ada koridor yang menjadi tanggung jawabnya ketika diajak bekerja sama dengan pihak lain, salah satunya KPU.

"Lagipula, tetap pengamanan data itu ada kesepakatannya, yang mana boleh dan tidak boleh. Semuanya resmi, nanti penghitungan suara dikeluarkan oleh KPU. Jadi enggak ada spekulasi (ada intervensi). Kita melihatnya kerja sama itu tetap positif," ujar anggota MPR itu.

Berbagai penolakan mengemuka pasca-penadatanganan MoU KPU dengan Lemsaneg, Selasa (24/9/2013) lalu.

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menilai, kerja sama penyelenggara pemilu dengan lembaga militer sangan mengkhawatirkan. Dia mengatakan, pelibatan militer dalam proses pemilu membuat data sulit di akses secara luas.

"Masalahnya bukan pada programnya. Tapi pada lembaga mana KPU bekerja sama. Saya sendiri berpendapat sebaiknya KPU menghindari kerja sama dengan lembaga mana pun yang mendatangkan rasa tak nyaman yang luas bagi para peserta pemilu," kata dia.




Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

Demokrat Tanggapi Positif Kerja Sama KPU-Lemsaneg

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/10/demokrat-tanggapi-positif-kerja-sama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Demokrat Tanggapi Positif Kerja Sama KPU-Lemsaneg

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Demokrat Tanggapi Positif Kerja Sama KPU-Lemsaneg

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger