Anas: Saan dan Pasek Dicopot Demokrat, Meritokrasi Kalah oleh \"Jilatokrasi\"

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, September 18, 2013 | 8:10 PM





JAKARTA,KOMPAS.com - Partai Demokrat mencopot Saan Mustopa dan Gede Pasek dari jabatan mereka di DPR, bersama lima jabatan lain yang juga dirotasi. Keterlibatan Saan dan Pasek di Perhimpunan Pergerakan Indonesia yang didirikan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjadi salah satu alasan utama. Bagaimana tanggapan Anas?

"Ini bukan soal hadir di ormas Pergerakan. Mereka sudah diincar lama," kata Anas kepada Kompas.com, Rabu (18/9/2013) malam. Menurut dia, keterlibatan Saan dan Pasek di ormasnya hanya menjadi alasan untuk mencopot keduanya.

Menurut Anas, pencopotan ini hanyalah bukti ketidakmampuan menghargai kecakapan dan prestasi kader Partai Demokrat. "Ini adalah meritokrasi yang tersisish oleh 'jilatokrasi'," tegas Anas.

Anas berpendapat, dengan pencopotan Saan dan Pasek semakin kentara Partai Demokrat hanya menghargai siapa pun yang bisa memuji-muji di luar takaran dan punya loyalitas buta seperti patung. "Kang Saan dan Bli Pasek, meskipun cakap, berprestasi, dan loyal, (tetapi) tidak mampu memuji-muji melebihi batas dan tak bisa loyal seperti patung," ujar dia.

Sebagai sahabat Saan dan Pasek, Anas mengaku bangga kepada mereka berdua. Menurut dia Saan dan Pasek selama ini mampu menjalankan tugas dengan baik. Kemampuan dan loyalitas mereka kepada tugas, imbuh dia, sangat tinggi.

"Jika sekarang (Saan dan Pasek) diganti, mungkin definisi kemampuan dan loyalitas kepada tugas sedang mengalami pergeseran makna," kata Anas. Namun dia memperkirakan tak akan ada penyesalan pada Saan maupun Pasek dengan pencopotan ini, karena sepengetahuannya mereka berdua memahami bahwa jabatan itu amanah dan dipergilirkan.

"Mungkin sebagai politisi, mereka hanya berharap hadirnya pengganti yang lebih baik dan lebih bagus," imbuh Anas sembari menganalogikan pencopotan dirinya beberapa waktu lalu dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat. "Kalau saya sendiri merasa senang (dengan pencopotannya dulu), karena digantikan oleh Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang lebih hebat dan lebih segalanya," imbuh dia.

Seperti diberitakan, pada Rabu petang Partai Demokrat mengumumkan rotasi di struktur fraksinya di DPR. Saan Mustopa dicopot dari Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR dan Gede Pasek dicopot dari posisi Ketua Komisi III DPR. Ketua DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan rotasi ini bagian dari mekanisme "punishment and reward" dalam organisasi terkait loyalitas pada partai.

Sebagaimana diberitakan pula, Saan dan Pasek yang sejak dulu dikenal dekat dengan Anas tapi tetap bertahan di Partai Demokrat, turut hadir dalam peluncuran Perhimpungan Pergerakan Indonesia. Syarief tak menampik, kehadiran dan keterlibatan Saan dan Pasek di ormas yang didirikan Anas merupakan bagian dari alasan pencopotan mereka.




Editor : Palupi Annisa Auliani
















Anda sedang membaca artikel tentang

Anas: Saan dan Pasek Dicopot Demokrat, Meritokrasi Kalah oleh \"Jilatokrasi\"

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/09/anas-saan-dan-pasek-dicopot-demokrat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anas: Saan dan Pasek Dicopot Demokrat, Meritokrasi Kalah oleh \"Jilatokrasi\"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anas: Saan dan Pasek Dicopot Demokrat, Meritokrasi Kalah oleh \"Jilatokrasi\"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger