PKL Pasar Gembrong: Di Dalam Adem, tapi Dagangan Enggak Laku

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, August 21, 2013 | 8:29 PM





JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang mainan kaki lima (PKL) yang akan direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang  Besar Utara meminta Pemerintah Kotamadya Jakarta Timur meningkatkan daya tampung lahan parkir di tempat relokasi tersebut.

"Kendalanya cuma masalah parkir," ujar Fiki, saat ditemui di lapak dagangan miliknya, di Pasar Gembrong, Rabu (21/8/2013) sore.

Fiki menuturkan, ia pernah pindah ke dalam Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara pada 2011. Saat itu, menurutnya, ia telah membayar uang sewa kios sebesar Rp 10 juta, untuk dua kios selama enam bulan.

Namun, lanjut Fiki, setelah lima hari, ia kembali berjualan di pinggir jalan karena sepi pembeli. Menurutnya, calon pembeli tak banyak datang ke Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara karena lahan parkir kurang memadai.

"Saya cuma lima hari di sana. Enggak ada yang beli. Lima hari yang laku cuma tiga biji (mainan). Kalau (sekarang) boleh gratis, saya pilih relokasi ke (Pasar Klender SS). Parkir di sana luas," aku Fiki, yang tinggal di RT 12 RW 02 Cipinang Besar Utara.

Setelah kembali berjualan di pinggir jalan, Fiki mengaku bisa menjual 20 mainan per hari.

Senada dengan Fiki, pedagang mainan lain, Doni (49), meminta Pemkot Jakarta Timur melakukan survei dulu ke pasar sebelum menempatkan pedagang ke sana. Doni menyampaikan hal itu karena ia juga pernah direlokasi ke Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara pada 2011 dan membayar Rp 20 juta untuk dua kios selama enam bulan.

Menurut Doni, akan lebih baik jika lokasi parkir Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara ditempatkan di basement, yang saat ini juga dipakai berjualan.

"Minta tolong kalau bisa diperluas parkirnya. Di sana juga tempat parkirnya mesti muter-muter naik ke atas. Orang belum naik udah nabrak tembok duluan," ujar Doni.

Meski begitu, Doni mengaku tak akan menolak jika kembali pindah ke dalam Pasar Gembrong Cipinang Besar Utara.

"Orang pedagang di sini nurut semua. Di sana enak adem, cuma enggak laku. Mendingan kita jualan di jalan panas-panasan tapi bisa laku," tandasnya.




Editor : Tjatur Wiharyo







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:











Anda sedang membaca artikel tentang

PKL Pasar Gembrong: Di Dalam Adem, tapi Dagangan Enggak Laku

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/08/pkl-pasar-gembrong-di-dalam-adem-tapi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PKL Pasar Gembrong: Di Dalam Adem, tapi Dagangan Enggak Laku

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PKL Pasar Gembrong: Di Dalam Adem, tapi Dagangan Enggak Laku

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger