Malam ini, SBY Pimpin Rapat Majelis Tinggi

Written By Luthfie fadhillah on Saturday, February 23, 2013 | 8:10 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin rapat Majelis Tinggi di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (23/2/2013) pukul 21.00. Sedianya, rapat ini dijadwalkan pada Minggu (24/2/2013).


"Rapat Majelis Tinggi diadakan pada pukul 21.00," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PD Marzuki Alie kepada Kompas.com, Sabtu malam.


Menurut Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Demokrat I Gede Pasek Suardika, salah satu agenda rapat tersebut adalah membahas masa depan kepemimpinan di PD. Setelah Anas Urbaningrum mundur dari jabatannya sebagai ketua umum, partai pemenang pemilu ini mengalami kevakuman kepemimpinan.


"Sekarang ada kevakuman posisi ketua umum," kata I Gede Pasek Suardika.


Sebelumnya, Anas menyatakan mundur sebagai ketua umum setelah ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.


Pasek mengatakan, pembahasan di Majelis Tinggi akan disesuaikan dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) Demokrat. Selain itu, akan dilihat pula Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Kedua UU itu perlu dilihat lantaran pemimpin parpol akan berkaitan dengan administrasi di Pemilu 2014.


Pasek menambahkan, Majelis Tinggi Demokrat akan membahas apakah melakukan perlu kongres luar biasa (KLB) untuk melakukan pergantian ketua umum, hanya menunjuk penjabat sementara sampai digelarnya kongres 2015, atau Majelis Tinggi mengambil alih partai.


"Pasti akan dicari jalan keluarnya. Kita tunggu saja. Kami harapakan seluruh kader Demokrat tidak panik, tenang, tunggu Majelis Tinggi besok," kata Ketua Komisi III DPR itu.


Sebelumnya, Anas mengaku memiliki standar etika yang selalu dipegangnya. Jika ditetapkan tersangka, Anas mengaku memang akan mengundurkan diri sebagai ketua umum. Kebetulan, kata Anas, standar etika itu sejalan dengan pakta integritas yang dibuat oleh Majelis Tinggi Demokrat. Pakta integritas itu sudah ditandatangani Anas pada 14 Februari lalu.


"Dengan atau tanpa pakta integritas itu, standar etik pribadi saya katakan hal seperti itu. Saya berhenti sebagai Ketua Umum Partai Demokrat," kata Anas.


Dengan pengunduran diri Anas, dengan demikian Majelis Tinggi Demokrat tinggal delapan orang. Mereka adalah SBY, Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie, Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik, Sekretaris Dewan Kehormatan TB Silalahi, dua Wakil Ketua Umum DPP Max Sopacua dan Jhonny Alen, Sekretaris Jenderal DPP Edhi Baskoro Yudhoyono, dan Direktur Eksekutif DPP Toto Riyanto.


Baca juga:
Demokrat Akan Jadi Partai Santun atau Sadis?
Anas Yakin Tak Terlibat dalam Korupsi Hambalang
Anas: Ketika Diminta Fokus, Saya Sudah Divonis
Anas Mundur sebagai Ketua Umum Partai Demokrat
Anas: Loyalitas Bagian yang Indah dan Menyegarkan













Anda sedang membaca artikel tentang

Malam ini, SBY Pimpin Rapat Majelis Tinggi

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/02/malam-ini-sby-pimpin-rapat-majelis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Malam ini, SBY Pimpin Rapat Majelis Tinggi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Malam ini, SBY Pimpin Rapat Majelis Tinggi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger