Buto Musikal Siap Angkat Paduan Budaya Klasik dan Kontemporer

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, February 6, 2013 | 8:07 PM


Tim Buto Musikal saat jumpa pers

Tim Buto Musikal saat jumpa pers (sumber: Beritasatu.com)




"Buto berlatar dari Jawa, saya pikir nanti yang akan kita gabungkan antara gerakan Bedoyo atau Serimpi dengan metode spiral".



Jakarta - Sebuah pertunjukan musikal yang mengangkat tema cerita rakyat Indonesia akan disajikan oleh inteRtwine Performing Arts Company dengan judul "Buto Musikal".



Terinspirasi dari sebuah legenda di Jawa Tengah yaitu Timun Mas, Buto Musikal akan mengangkat sebuah fragmen dari legenda tersebut melalui sudut raksasa Buto yang dikenal sebagai sosok yang jahat.



"Awalnya waktu saya kuliah, saya sudah suka teater dan mau bikin teater dengan naskah Timun Mas. Ketemu Farid (Sutradara Buto Musikal) tahun 2003. Farid coba ambil sisi lain dari Timun Mas, yaitu Buto Ijo. Kita gunakan karakter Buto Bodong yang baik hati tapi mukanya menyeramkan. Karakter ini baru dan tidak ada di kisah legenda manapun," ungkap Arif Dharma selaku penulis sekaligus produser dan komposer Buto Musikal saat dijumpai di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/2).



Buto Musikal akan didukung oleh sejumlah seniman seperti Eko Suprianto sebagai pengarah tari dan juga turut hadir Sita Nursanti, Andrea Miranda, Netta KD, Dea Mirella, Ronny Waluya, Nina Tamam serta Joko Anwar sebagai konsultan.



"Buto berlatar dari Jawa, saya pikir nanti yang akan kita gabungkan antara gerakan Bedoyo atau Serimpi dengan metode spiral. Penggabungan tidak hanya dari lirik dan lagu, ada juga wacana perasaan yang lebih dalam. Tarian akan meriah. Dilakukan dengan gaya Bedoyo tapi seperti cheerleaders," jelas Eko Suprianto sebagai pengarah tari.



Pementasan ini akan berlangsung selama 2,5 jam dan diselenggarakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Rencananya, Buto Musikal akan dilakukan sebanyak 35 kali, sebulan penuh mulai tanggal 1 hingga 30 Juni 2013.



Untuk tiket, peminat bisa mendapatkannya di rajakarcis.com dengan harga yang cukup variatif. Terbagi dalam empat kelas yaitu Platinum, Gold, Silver dan Bronze mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 850.000.



"Akan ada perbedaan dengan musikal lain. Kita akan menaikkan pesan moralnya, seperti "Jangan nilai buku dari sampulnya" dan juga ada inovasi dari segi teknologi dan script ada inovasi. Salah satunya gabungan orkestra dengan gamelan jawa," tukas Farid Syahputra selaku sutradara.


Anda sedang membaca artikel tentang

Buto Musikal Siap Angkat Paduan Budaya Klasik dan Kontemporer

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/02/buto-musikal-siap-angkat-paduan-budaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Buto Musikal Siap Angkat Paduan Budaya Klasik dan Kontemporer

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Buto Musikal Siap Angkat Paduan Budaya Klasik dan Kontemporer

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger