Subhan Aksa Memimpin Pada Hari Pertama East Borneo Rally

Written By Luthfie fadhillah on Saturday, November 17, 2012 | 8:53 PM


BALIKPAPAN, KOMPAS.com -  Pereli nasional Subhan Aksa (Sulsel/Mitsubishi Lancer Evolution X) memimpin sementara putaran Kejuaran Nasional East Borneo Rally Championship (EBRC) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (17/11/2012).




Berpasangan dengan Hade Mboi, Subhan Aksa melibas semua Special Stage SS yang dipertandingkan hari ini dengan posisi tercepat.




Berpasangan dengan Hade Mboi, Subhan Aksa melibas semua Special Stage (SS) yang dipertandingkan hari ini dengan posisi tercepat.


Dari 6 SS yang dijadwalkan, penyelenggara terpaksa membatalkan SS2 di wilayah pertambangan batubara Gunung Harang Sejahtera akibat kesalahan komunikasi di lapangan. Lima SS lainnya di wilayah sama diborong Subhan dengan total waktu 32 menit 34,7 detik. Pereli DKI Jakarta Rizal Sungkar menempati posisi kedua dengan tertinggal 1 menit 25,4 detik.

Keunggulan tersebut atas Rizal membuat beban Subhan pada hari terakhir Minggu (18/11) lebih ringan. Sekaligus memperlebar peluangnya menjadi juara nasional 2012 yang merupakan ketiga kalinya setelah musim 2009 dan 2010.

“Untuk sekarang ini kami puas dengan hasilnya. Tapi, ini kan sementara. Besok masih ada 6 SS yang harus dijalani, tentunya tetap fokus untuk menyelesaikannya sebaik mungkin. Paling tidak untuk mempertahankan keunggulan pada hari ini,” kata Subhan seusai finish SS6.

Baik Subhan maupun navigator Hade Mboi menyebut selisih waktu dengan Rizal memang membuat posisi mereka sementara ini nyaman untuk memulai lomba pada hari terakhir. Namun demikian, mereka tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di sisa lomba. Terlebih karena hujan yang setiap saat bisa turun di lokasi lomba.

“Intinya kami tetap mengedepankan kehati-hatian dan terus berusaha meraih waktu tercepat. Jika hujan lagi, perlu ekstra hati-hati karena treknya sangat licin. Saat finish SS4, mobil sempat jalan terus meski sudah direm saking licinnya lintasan,” tambah Subhan.

Pereli Bosowa Rally Team yang juga bertarung di kejuaraan dunia FIA Production World Rally Championship itu mengaku tak punya kiat khusus untuk memenangi seri EBRC. Semua SS digelar di lokasi yang itu ke itu saja di tiga lintasan khusus. Semuanya di jalur lebar berkarakter high speed atau bisa dilalui dengan kecepatan tinggi. Nyaris tak ditemui tikungan-tikungan tajam di sepanjang lintasan berupa tanah padat bercampur batubara itu.

“Kebetulan saja mobil kami memang cocok dengan karakteristik trek semacam ini. Saya beberapa kali mengintip speedometer saat melaju di trek lurus. Kadang dapat top speed 180 km/jam, kadang 150. Jadi, lintasannya memang memungkinkan kita mengembangkan kecepatan. Bisa secepat itu dalam sebuah reli, buat saya jadi kenikmatan tersendiri," kata Subhan dalam siaran pers yang dikirim Feldany Effendy dari Denniscomm, Motorsport Public Relations Consultant, Sabtu malam ini.

Kalaupun bisa disebut sebagai kiat, lanjutnya, itu adalah pemilihan ban antara berkompon lunak dan keras beserta volume anginnya. Itu sangat penting disesuaikan dengan kondisi lintasan.

“Meski sempat sedikit salah di awal lomba, saya bersyukur pada sebagian besarnya kami memilih ban yang cocok. Mudah-mudahan besok (Minggu, 18/11/2012) cuaca bisa seperti hari ini lagi dan bisa tampil sebagai pemenang di akhir lomba,” kata Subhan.












Anda sedang membaca artikel tentang

Subhan Aksa Memimpin Pada Hari Pertama East Borneo Rally

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/11/subhan-aksa-memimpin-pada-hari-pertama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Subhan Aksa Memimpin Pada Hari Pertama East Borneo Rally

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Subhan Aksa Memimpin Pada Hari Pertama East Borneo Rally

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger