PKB Desak Pemerintah Gunakan Lobi Internasional

Written By Luthfie fadhillah on Sunday, November 18, 2012 | 8:10 PM


JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif dalam menghentikan serangan Israel terhadap Palestina.


Indonesia harus berperan dalam lobi-lobi internasional untuk menekan Israel menghentikan penyerangannya. Hal ini diungkapkan Ketua Fraksi PKB Marwan Ja'far, Minggu (18/11/2012), dalam pernyataan pers yang diterima Kompas.com.


"Pemerintah Indonesia harus berperan aktif mengakhiri gencatan senjata di Jalur Gaza lewat jalur diplomasi khusus ataupun melalui lobi dan pernyataan sikap dalam forum-forum resmi kenegaraan," ujar Marwan.


Tuntutan agar Pemerintah Indonesia berperan aktif ini berdasarkan dalam Pembukaan UUD 1945. Di sana disebutkan amanat bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. "Untuk itu, Israel tidak memiliki hak untuk menyerang dan menjajah Palestina karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan serta melanggar hukum Internasional," kata Marwan.


Lebih lanjut, Marwan juga berharap Dewan Keamanan PBB bersikap jelas dan tegas serta bertanggung jawab dalam menciptakan perdamaian dan keamanan dunia, utamanya di Jalur Gaza. Bahkan bila perlu, Dewan Keamanan PBB memberikan hukuman atas serangan Israel ke Jalur Gaza.


"Saya juga meminta negara-negara Barat tidak terus memprovokasi atau mendukung Israel yang akan melanjutkan penyerangannya ke Jalur Gaza," lanjut Marwan.


Selain itu, negara-negara di kawasan Timur Tengah juga saling bergandengan tangan untuk memberikan tekanan terhadap Israel agar mau mengakhiri serangan militer demi terselamatkannya nilai-nilai universal dan penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) di tanah Palestina.


"Israel tidak boleh membabi buta menyerang warga sipil, terutama anak-anak dan kaum wanita dari segala bentuk serangan militer, sesuai hukum internasional yang berlaku," ujar Marwan.


Sejak Rabu lalu, Israel telah melancarkan serangan udara ke wilayah Jalur Gaza. Sejak hari itu, Israel sudah melancarkan sedikitnya 200 serangan udara. Sejak tahun 2007, Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas. Pemerintah Israel sudah menarik keluar semua warganya sejak tahun 2005 lalu, tetapi menerapkan blokade ketat terhadap wilayah Palestina yang kecil dan padat penduduk itu.


Sementara itu, wilayah Palestina lainnya, Tepi Barat, tidak diusik Israel. Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang mengendalikan wilayah ini mengakui keberadaan Israel, tetapi pembicaraan damai di antara kedua pihak macet sejak tahun 2010.


Saat ini, Israel tengah bersiap untuk menggelar serangan darat pertamanya ke wilayah Jalur Gaza sejak perang 22 hari pada 2009 lalu. Militer Israel sudah menutup semua jalan utama di sekitar Gaza dan menetapkan semua kawasan itu sebagai kawasan militer tertutup.


Langkah ini menyusul keputusan Pemerintah Israel yang menyiagakan ribuan pasukan cadangannya beberapa jam setelah Hamas mengatakan telah menembakkan roket ke Jerusalem dan satu roket lain yang jatuh ke pesisir Tel Aviv.












Anda sedang membaca artikel tentang

PKB Desak Pemerintah Gunakan Lobi Internasional

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/11/pkb-desak-pemerintah-gunakan-lobi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PKB Desak Pemerintah Gunakan Lobi Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PKB Desak Pemerintah Gunakan Lobi Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger