Ini Konsep Orchard Road Jakarta Versi Jokowi

Written By Luthfie fadhillah on Monday, October 29, 2012 | 8:29 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bekerjasama untuk membuat Creative Public Space yang rencananya akan terpusat di tiga titik, yaitu area Thamrin City-Plaza Entertainment X'nter (EX), Blok M-Mayestik, dan area Kota Tua.




Bercermin pada Orchard Road di Singapura itu, jadi terbersit untuk menata kota di mana ada tempat duduknya. Warga bisa berjalan kaki dengan tenang, ada tamannya juga, ditata PKL-nya


-- Joko Widodo




"Bersama Menteri Pariwisata dan Kreatif akan diadakan Creative Public Space. Kalau di Singapore, ya seperti Orchard Road. Hari ini sudah ditinjau ke area Thamrin dan Blok M," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (29/10/2012) malam.


Jokowi ingin menjadikan tiga area itu menjadi seperti Orchard Road Singapore. Di Orchard Road, di samping kanan kiri terdapat display-display dan ada gedung mal pusat perbelanjaan.

"Nah, dengan bercermin pada Orchard Road di Singapura itu, jadi terbersit untuk menata kota di mana ada tempat duduknya. Warga bisa berjalan kaki dengan tenang, ada tamannya juga, ditata PKL-nya. Nanti juga ada yang berjualan handycraft dan main gitar di tengah-tengahnya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, yang melatarbelakangi pengadaan Creative Public Space adalah terciptanya ruang publik yang tidak hanya dapat digunakan sebagai interaksi warga untuk saling menyapa satu sama lain. Tapi juga menampilkan sisi kreatif dan produk-produk kreatif dari masyarakat.

Untuk anggaran program kreatifnya, kata Jokowi, akan masuk ke anggaran Kemenparekraf sebagai Pemerintah Pusat. Sementara itu, Pemprov DKI yang membiayai infrastrukturnya.

"Tinggal pelaksanaannya saja. Makanya tadi lihat lapangan. Kalau enggak lihat lapangan, kendala teknis enggak akan terpantau. Plaza-plaza di daerah itu pasti mendukung untuk memperbaiki area itu," kata Jokowi.

Meski demikian, tutur Jokowi, mengenai ide pengadaan Creative Public Space ini harus mendapatkan persetujuan dari anggota dewan.

"Nanti segera diajukan konsep kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Creative Public Space ini untuk membangkitkan kreativitas masyarakat dan bagaimana usaha produktif itu bisa berkembang," kata Jokowi.

Jokowi mengaku sudah dua kali bertemu dengan Menparekraf Mari Elka Pangestu untuk membicarakan perihal rencana ini. Malam ini pun, Jokowi berencana mengadakan pertemuan tertutup dengan Mari Elka Pangestu untuk membahas lebih lanjut rencana tersebut.

"Ya, nanti akan saya sampaikan ke Bu Mari atas tinjauan saya tadi. Setidaknya saya sudah tahu dan menguasai wilayah itu, jadi gampang ngomongnya. Ha.. ha.. ha..," kata Jokowi sambil tertawa.


Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.







Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Konsep Orchard Road Jakarta Versi Jokowi

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/10/ini-konsep-orchard-road-jakarta-versi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Konsep Orchard Road Jakarta Versi Jokowi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Konsep Orchard Road Jakarta Versi Jokowi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger