Jokowi Akan Hadirkan \'Bebek-Bebekan\' di Waduk Ria Rio

Written By Luthfie fadhillah on Monday, October 21, 2013 | 8:29 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Joko Widodo tak setengah-setengah menata Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur. Jika proses penataan taman rampung, dia akan menambahkan wisata air, yakni berupa perahu bebek di waduk.


"Ada wisata airnya, ada bebek-bebekan. Nggak cuma itu, ada uler-uleran juga," ujar Jokowi saat berkunjung ke waduk itu, Senin (21/10/2013).


Jokowi menjelaskan, masyarakat di DKI Jakarta perlu disosialisasikan pentingnya ruang terbuka hijau bagi pusat aktivitas. Salah satunya adalah dengan membuka fasilitas soal aktivitas warga di sejumlah ruang terbuka hijau, termasuk wisata air.


Dengan begitu, warga memiliki 'budaya taman', seperti dikutip dari pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Nirwono Joga. Menurutnya budaya taman adalah kondisi masyarakat yang menjadikan taman sebagai salah satu pusat aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari bermain, belajar hingga soal interaksi sosial.


Jokowi juga sempat melontarkan candaan bahwa warga bisa berenang di waduk seluas 8 hektar tersebut. Wartawan pun nyeletuk "enggak gatel-gatel apa Pak?"  Jokowi pun menjawab, "Lah kan ditanya, bisa dibuat berenang atau enggak, ya saya jawab iya bisa, tapi gatel-gatel," ujarnya.


Baru 20 Persen


Di waduk tersebut, Jokowi sempat berkeliling di sisi selatan, sisi yang tamannya mulai ditata. Bau tak sedap pun mengiringi langkah sang gubernur melihat sisi timur, sisi di mana sebagian rumah warga masih tampak berdiri. Sementara, di sisi sebelahnya, area waduk tampak telah bersih.


"Aduh, pusing, bau dari mana ya ini," ujar Jokowi sambil menutup hidungnya di tepi waduk tersebut.


Jokowi memprediksi, bau tersebut berasal dari sampah atau limbah yang ada di waduk tersebut. Ia mengatakan, hingga saat ini, penataan baru 20 persen rampung. Ia pun yakin jika penataan taman selesai, bau seperti itu tak tercium lagi.


Sebelumnya diberitakan, kawasan Waduk Riario akan ditata oleh empat instansi. Sisi barat, timur dan utara akan dibangun oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Sedangkan sisi selatan, akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo.  Adapun, normalisasi waduk akan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. Semuanya menggunakan APBD. 





Editor : Eko Hendrawan Sofyan


















Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Akan Hadirkan \'Bebek-Bebekan\' di Waduk Ria Rio

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/10/jokowi-akan-hadirkan-di-waduk-ria-rio.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Akan Hadirkan \'Bebek-Bebekan\' di Waduk Ria Rio

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Akan Hadirkan \'Bebek-Bebekan\' di Waduk Ria Rio

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger