Film Indonesia Wajib Miliki Latar Belakang Budaya

Written By Luthfie fadhillah on Thursday, October 17, 2013 | 8:07 PM


Jakarta - Direktur Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, Kacung Marijan, menegaskan bahwa film Indonesia sebagai salah satu unsur budaya haruslah memiliki latar belakang budaya Indonesia dalam setiap nilai yang dikandung oleh film tersebut.


"Peta Industri film di dunia tak lepas dari karakter budaya masing-masing negara. Hollywood tumbuh karena budaya Amerika, Bollywood tumbuh karena budaya India, begitu juga dengan Mandarin. Nah, kalau film Indonesia ingin berkembang, tentu harus memiliki mainstream, punya karakter dan ciri khas," ujarnya dalam Konferensi Pers Apresiasi Film Indonesia 2013 di Kantor Kemendikbud, Kamis(17/10).


Ia mengatakan industri film di Indonesia pasti akan lebih cepat berkembang jika tidak hanya menjadi pengikut dari budaya-budaya film asing. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Tim Dewan Juri Apresiasi Film Indonesia 2013, Totot Indrarto. Ia berpendapat film-film Indonesia yang ada harus menampilkan identitas budaya Indonesia.


"Kalau kita bicara soal budaya Indonesia tentu banyak sekali, jadi mudahnya bisa kita bilang budaya Indonesia itu dilihat sebagai sebuah gagasan tentang kebersamaan dan keragaman," tambah Totot.


Untuk membuat film yang memiliki kebudayaan Indonesia yang kuat, Kacung menyadari perlu diawali dengan masyarakat yang mampu mengapresiasi film Indonesia secara benar. Oleh karena itu ia akan menggagas Laboratorium Seni Budaya di sekolah-sekolah dan teater mini sehingga generasi muda dan masyarakat pada umumnya dapat lebih mengenal film Indonesia.


"Bayangkan jika ada lima teater mini di setiap kota maka akan ada dua ribu lima ratus teater mini di seluruh Indonesia dan jika setiap mini teater minimal ada lima puluh penonton maka dapat dibayangkan jumlah penonton yang akan terjaring," jelas Kacung.


Berdasarkan hal itu pula Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menghadirkan Apresiasi Film Indonesia 2013 untuk kedua kalinya.


"Kami mengharapkan dari ajang ini masyarakat Indonesia dapat lebih mengapreasiasi dunia perfilman nasional," tutur Kacung.


Anda sedang membaca artikel tentang

Film Indonesia Wajib Miliki Latar Belakang Budaya

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/10/film-indonesia-wajib-miliki-latar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Film Indonesia Wajib Miliki Latar Belakang Budaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Film Indonesia Wajib Miliki Latar Belakang Budaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger