Polri Tak maksimal Tangkap Pelaku Penembakan

Written By Luthfie fadhillah on Tuesday, September 17, 2013 | 8:10 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya Polri dalam mengungkap kasus penembakan terhadap anggota kepolisian dinilai masih kurang maksimal. Pasalnya, meski dua foto terduga pelaku penembakan telah disebar, polisi belum menangkapnya.

"Seharusnya, jika diperlukan Polri, mengalokasikan anggaran khusus untuk menyebar sketsa wajah pelaku di masyarakat," kata kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meleiala kepada Kompas.com, Selasa (17/9/2013).

Penyebaran foto pelaku juga dinilai kurang intensif. Seharusnya, penyebaran dilakukan secara berkala. Lebih lanjut, menurutnya, Polri dapat menggandeng media massa untuk menyebar foto pelaku penembakan kepada masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat dapat lebih mewaspadai kondisi lingkungan di sekitar mereka, terutama jika ada warga baru yang masuk ke dalam lingkungan mereka.

"Kalau memang diperlukan, bisa saja hal itu dilakukan," tegasnya.

Penembakan yang menewaskan Aipda (anumerta) Sukardi, Selasa (10/9/2013), menambah deretan korban penembakan polisi oleh orang tak dikenal dalam dua bulan terakhir. Dengan kematian Sukardi, empat polisi tewas dan satu polisi yang lain terluka.

Selain Sukardi, polisi yang tewas ditembak oleh orang tak dikenal di sekitar Jakarta selama dua bulan ini adalah Aiptu Dwiyatno, Aiptu Kushendratna, dan Bripka Ahmad Maulana. Aiptu Dwiyatno ditembak oleh orang tak dikenal pada 7 Agustus 2013 di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Selang sepekan, tepatnya satu hari sebelum perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, giliran Aiptu Kushendratna dan Bripka Ahmad Maulana tewas ditembak di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten.

Sementara seorang anggota polisi yang selamat, meski juga ditembak, adalah Aipda Patah Saktiyono. Penembakan terjadi pada 27 Juli lalu di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Patah adalah anggota Satuan Lalu Lintas Polsek Metro Gambir, Jakarta Pusat. Polisi pun telah menyebar foto dua orang yang diduga menjadi pelaku penembakan polisi di Pondok Aren, Ciputat dan Cirendeu.

Kedua terduga pelaku diketahui bernama Nurul Haq alias Jek dan Hendi Albar. Namun sampai saat ini, kedua pelaku masih belum tertangkap.




Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

Polri Tak maksimal Tangkap Pelaku Penembakan

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/09/polri-tak-maksimal-tangkap-pelaku.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polri Tak maksimal Tangkap Pelaku Penembakan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polri Tak maksimal Tangkap Pelaku Penembakan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger