Nico Rosberg Raih Kemenangan Kedua Musim Ini, di Sirkuit Silverstone

Written By Luthfie fadhillah on Sunday, June 30, 2013 | 8:53 PM






SILVERSTONE, KOMPAS.com - Lewis Hamilton memimpin balapan GP Inggris yang merupakan seri kedelapan Formula 1 musim ini, Minggu (30/6/2013), dengan start dari posisi terdepan. Rekan satu timnya, Nico Rosberg start dari posisi dua.

Hamilton melakukan start dengan baik, sementara Mark Webber yang memulai balapan dari posisi empat, turun ke urutan lima.

Saat putaran pertama selesai, Hamilton memimpin balapan, diikuti Sebastian Vettel, Rosberg, Sutil, dan Massa. Memasuki putaran keempat, Hamilton mulai menjauh.

Drama terjadi pada lap delapan, saat Hamilton mengalami pecah ban belakang kiri. Pebalap McLaren ini harus berjuang keras utnuk bisa sampai ke pit, dan mengganti ban. Yang Pasti, dia kehilangan banyak waktu.

Di depan, Vettel mengambil alih pimpinan lomba. Pada lap sembilan, dia unggul 2,1 detik dari Rosberg. Sutil bertahan di posisi tiga.

Drama kembali terjadi di lap 10. Kali ini giliran Massa yang mendapat insiden sama dengan Hamilton, rusak ban kiri belakang. Pebalap Brasil ini berhasil kembali ke pit dan mendapat ban baru.

Vettel semakin jauh di depan, unggul 3,3 detik dari Rosberg, pada lap 11. Satu putaran berikutnya, Fernando Alonso berhasil melewati Kimi Raikkonen untuk mendapatkan posisi empat.

Memasuki putaran 15, insiden ban pecah kembali terjadi, dan kali ini menimpa Jean-Eric Vergne dari tim Scuderia Toro Rosso.

Lintasan yang kotor akibat puing-puing pecahan ban, mengharuskan safety car (SC) masuk ke lintasan, pada lap 16.

Saat SC di lintasan, Webber bertanya ke tim, apa yang terjadi saat start. Dari hasil tayang ulang, diketahui sempat ada senggolan dengan Romain Grosjean yang membuatnya kehilangan posisi empat.

Tim mengingatkan seluruh pebalap mereka untuk menghindari trotoar atau pembatas lintasan, yang diduga sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya insiden pecah ban.

Para pebalap kembali memacu mobilnya, saat SC meninggalkan lintasan balapan pada akhir lap 21. Hamilton naik ke posisi 13, setelah berhasil melewati Esteban Guiterrez.

Saat putaran 26 selesai atau setengah dari total balapan, Vettel masih memimpin diikuti Rosberg dan Sutil. Vettel lebih cepat 2,5 detik dari Rosberg.

Catatan waktu pebalap Jerman ini makin tajam. Dia menutup putaran ke-30 dengan keunggulan 3,1 detik dari Rosberg. Alonso berada di urutan empat, mengungguli Sutil

Beberapa pebalap masuk ke pit, termasuk Vettel pada lap 36. Susunan sedikit berubah tapi Vettel berhasil mempertahankan posisinya.

Pada lap 37, Vergne jadi pebalap pertama yang mundur dari balapan. Pebalap kedua yang akhirnya keluar dari balapan adalah Vettel, pada lap 42. Mobil pebalap Red Bull ini mengalami masalah gearbox, melambat, lalu berhenti tepat di tempat start. Ini adalah kali pertama musim ini, Vettel gagal menyelesaikan balapan.

SC kembali menyambangi lintasan, dengan Rosberg mengambil alih pimpinan balapan, disusul Raikkonen, Sutil, dan Daniel Ricciardo.

Persaingan kembali memanas saat SC meninggalkan lintasan pada lap 45. Setiap lap berjalan menegangkan saat para pebalap saling mencoba melewati.

Alonso tampil luar biasa dengan melewati beberap pebalap, mulai dari Sutil, Hamilton, hingga Raikkonen, yang mengantarnya ke posisi tiga, di balakang Rosberg dan Webber.

Jelang putaran akhir, Raikkonen kembali kehilangan posisi, terlewati oleh Hamilton.

Balapan berakhir dengan Rosberg yang pertama berhasil menyentuh finis, disusul Webber dan Alonso.

Ini merupakan kemenangan kedua Rosberg musim ini, setelah GP Monako.




Editor : Pipit Puspita Rini






Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
F1 Inggris











Anda sedang membaca artikel tentang

Nico Rosberg Raih Kemenangan Kedua Musim Ini, di Sirkuit Silverstone

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/06/nico-rosberg-raih-kemenangan-kedua.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nico Rosberg Raih Kemenangan Kedua Musim Ini, di Sirkuit Silverstone

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nico Rosberg Raih Kemenangan Kedua Musim Ini, di Sirkuit Silverstone

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger