Rusun Panggung Bisa Jadi Pilihan

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, April 3, 2013 | 8:29 PM




Pemukiman


Rusun Panggung Bisa Jadi Pilihan





Penulis : Andy Riza Hidayat | Rabu, 3 April 2013 | 20:15 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com- Rumah susun panggung bisa menjadi pilihan hunian warga yang menempati area Waduk Pluit di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Rusun panggung tersebut dinilai lebih realistis untuk mengurangi dampak sosial dan menjaga ekosistem waduk.


Walau bukan pilihan terbaik, model penanganan ini selayaknya diwujudkan. "Memindahkan mereka ke lokasi lain tidak mudah. Mereka jelas tidak ingin tercerabut dari akar sosialnya atau kehilangan pekerjaan. Jika pun pindah mereka harus memulai kehidupan sosial baru," kata pengajar artisektur lansekap Universitas Tarumanagara Darundono, Rabu (3/4/2013) di Jakarta.


Membangun rusun panggung di atas Waduk Pluit bisa mengurangi subsidi yang diberikan pemerintah. Sebagian warga Muara Baru di kawasan Waduk Pluit telah dipindahkan ke Rusunawa Marunda, Jakarta Utara. Pemindahan ini dilakukan dengan melengkapi fasilitas perabot rusun dan memberi subsidi biaya transportasi.


"Biayanya sangat mahal, lalu apakah masalah Jakarta itu hanya soal rusun saja," katanya.


Dia meminta Pemprov DKI Jakarta mempertimbangkan pembangunan rusun panggung di atas Waduk Pluit. Belasan ribu warga yang saat ini tinggal di area Waduk Pluit perlu hunian yang layak dan tidak jauh dari tempat tersebut. Sementara untuk mencari lahan baru pembangunan rusun tidak mudah.


Menurut Darundono penanganan warga yang menempati lahan Waduk Pluit tidak harus dengan merelokasi mereka ke tempat lain. "Namun jangan sampai model pembangunan rusun pangung menjadi legitimasi warga bisa menghuni lahan resapan," katanya.






Editor :


Marcus Suprihadi















Anda sedang membaca artikel tentang

Rusun Panggung Bisa Jadi Pilihan

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/04/rusun-panggung-bisa-jadi-pilihan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rusun Panggung Bisa Jadi Pilihan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rusun Panggung Bisa Jadi Pilihan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger