Mari Pangestu Lawatan ke Maroko

Written By Luthfie fadhillah on Wednesday, March 13, 2013 | 8:02 PM





Mari Pangestu Lawatan ke Maroko





Penulis : Eny Prihtiyani | Rabu, 13 Maret 2013 | 19:30 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu, mengunjungi Rabat, Maroko pada tanggal 12 Maret kemarin dan bertemu Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Maroko Saad El Dine-Otmani, Menteri Pariwisata Maroko Lahcen Haddad dan Sekretaris Jenderal Departemen Perindustrian, Perdagangan dan Teknologi Baru El Aid Mahsoussi.


Kedua belah pihak membahas perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Maroko, pembangunan di tingkat regional serta masa depan sistem perdagangan multilateral dibawah World Trade Organization (WTO), yang masa jabatan Direktur Jenderalnya akan berakhir pada 31 Agustus 2013.


Dalam siaran pers Rabu (13/3/2013) dijelaskan, pertemuan antarpejabat tinggi kedua negara ini berlangsung dalam suasana positif, terlebih karena Indonesia dan Maroko memiliki hubungan sejarah yang panjang. Keduanya merupakan bagian dari Gerakan Non-Blok, Organisasi Kerjasama Islam serta Konferensi Asia-Afrika, yang pertama kali diadakan di Bandung pada tahun 1955 dan berperan untuk mendorong gerakan kemerdekaan dari berbagai bangsa di Asia dan Afrika.


Maroko merdeka pada tahun 1956 dan Presiden Soekarno mengunjungi Maroko pada tahun 1960. Kedua belah pihak sepakat bahwa banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara pada sektor investasi, pariwisata, perdagangan, dan pertukaran sumber daya manusia, dan sepakat bahwa Komite Bersama antara kedua negara harus diselenggarakan sesegera mungkin tahun ini.


Dalam diskusi tersebut, Mari Pangestu dan Menteri El-Otmani sepakat bahwa WTO sebagai institusi dan kerangka aturannya telah memberikan kontribusi signifikan dalam melancarkan perdagangan yang adil dan seimbang. Kedua menteri juga sepakat bahwa pembangunan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari negosiasi perdagangan multilateral.


Mari Pangestu menyatakan bahwa ada tiga hal yang harus dicapai dalam konferensi tingkat menteri berikutnya, yaitu keseimbangan dalam paket fasilitasi perdagangan, keseimbangan antara unsur-unsur pengurangan tarif tahap awal, dan keseimbangan antara pengurangan tarif tahap awal dan langkah-langkah yang harus diambil pasca Konferensi Bali untuk menuntaskan perundingan Doha.





















Anda sedang membaca artikel tentang

Mari Pangestu Lawatan ke Maroko

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/03/mari-pangestu-lawatan-ke-maroko.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mari Pangestu Lawatan ke Maroko

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mari Pangestu Lawatan ke Maroko

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger