KPK Belum Blokir Rekening Luthfi Hasan

Written By Luthfie fadhillah on Monday, February 4, 2013 | 8:10 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum berencana memblokir rekening tersangka kasus dugaan suap impor daging Luthfi Hasan Ishaaq. Pemblokiran tersebut belum dilakukan, sebab KPK masih menelusuri aset yang dimiliki Luthfi dan tiga tersangka lainnya.


"KPK belum blokir rekening LHI karena belum diperlukan. Sejauh ini belum ada perjalanan pemblokiran dimulai dari asset tracking," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2013).


Johan menerangkan, pemblokiran akan dilakukan setelah melakukan penelusuran aset yang diduga terkait kasus suap impor daging. KPK juga belum mengarah pada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). KPK, tutur Johan, telah meminta Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mendapatkan transaksi keuangan para tersangka.


"KPK kirim surat ke PPATK untuk mendapat LHA (Laporan Hasil Analisis) dari rekening, ada atau tidak transaksi yang mencurigakan dari para tersangka. Asset tracking, apakah ada yang mencurigakan sudah dilakukan sejak sekarang ini. Aset tersangka saja ini, bukan terkait partai tapi rekening pribadi," terang Johan.


Sebelumnya, KPK menetapkan empat tersangka dalam kaksus suap daging impor ini. Keempatnya yakni Luthfi Hasan Ishaaq, Presiden PKS yang telah mengundurkan diri, teman dekat Luthfi Ahmad Fathanah, dua pengusaha PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Abdi Arya Effendi.


Luthfi dan orang dekatnya, Ahmad Fathanah, diduga menerima suap dari perusahaan impor daging, PT Indoguna Utama, dengan barang bukti senilai Rp 1 miliar. KPK juga menetapkan direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Abdi Arya Effendi, sebagai tersangka pemberi suap.


Dalam kasus ini, Luthfi diduga "menjual" otoritasnya untuk memengaruhi pihak-pihak yang memiliki kewenangan terkait kebijakan impor daging tersebut. Luthfi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden PKS, Kamis (31/1/2013). Luthfi pun akan mengundurkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Ia kini ditahan di Rutan Guntur, Jakarta Selatan.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri









Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Belum Blokir Rekening Luthfi Hasan

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/02/kpk-belum-blokir-rekening-luthfi-hasan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Belum Blokir Rekening Luthfi Hasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Belum Blokir Rekening Luthfi Hasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger