Dibujuk Komnas HAM, Agustinus "Pemanjat SUTET" Akhirnya Turun

Written By Luthfie fadhillah on Saturday, February 2, 2013 | 8:29 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyambangi lokasi saluran udara tegangan eskalasi tinggi (SUTET) di seberang Gedung JCC, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Sabtu (2/2/2013) sore. Di menara SUTET itu, Agustinus Worowuli memanjat dan bertahan selama tiga hari, sejak Kamis (31/1/2013) lalu.

Setelah berupaya membujuk selama sekitar 2 jam, pemanjat SUTET itu akhirnya turun dari tower bertegangan 150.000 volt itu.

"Kalau Komnas HAM enggak datang, kemungkinan kematian saya nanti malam atau besok, saya enggak ngerti. Kalau memang tidak ada yang jemput saya di sini, ya pasti saya mati di sini," kata Agustinus, Sabtu (2/2/2013).

Sebelumnya, para anggota Komnas HAM yang tiba di lokasi sempat berupaya meminta agar Agustinus mau untuk turun dari lokasinya memanjat. Mereka menunjukkan kertas yang bertuliskan 'Komnas HAM' sambil memanggil Agustinus. Upaya tersebut hampir terlihat sia-sia. Namun, menjelang sore hari, warga Jalan Trunojoyo Nomor 33, Surabaya, Jawa Timur itu, akhirnya mau turun.

Tak hanya anggota Komnas HAM, sebelumnya, salah satu penasihat Komnas HAM, Jimly Ashiddiqie, mengatakan, pihaknya mendengar kabar bahwa sudah tiga hari Agustinus bertahan di SUTET.

"Tadi saya ada diskusi di Komnas HAM. Terus di tengah diskusi, para anggota dapat kabar bahwa dia (Agustinus) enggak mau turun. Mau turun kalau DPR atau Komnas HAM menjemput," kata Jimly.

Mengenai apa tuntutan yang diminta oleh Agustinus, pihaknya mengatakan belum mengetahui secara pasti. Menurutnya, Komnas HAM bersedia memediasi tuntutan dari Agustinus asalkan mau turun dari menara SUTET.

"Kasihan, dia membahayakan keselamatannya sendiri," ujar Jimly.

Pantauan Kompas.com, Agustinus turun dari tower SUTET sambil membawa tas ransel miliknya. Riuh tepuk tangan dari warga yang menonton pun pecah setelah Agustinus menapaki jalan. Ia kemudian menaiki mobil dan dibawa menuju Kantor Komnas HAM.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary









Anda sedang membaca artikel tentang

Dibujuk Komnas HAM, Agustinus "Pemanjat SUTET" Akhirnya Turun

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/02/dibujuk-komnas-ham-agustinus-sutet.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dibujuk Komnas HAM, Agustinus "Pemanjat SUTET" Akhirnya Turun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dibujuk Komnas HAM, Agustinus "Pemanjat SUTET" Akhirnya Turun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger