Motto Basuki: Yang Ikut Arus Akan Cepat Mati!

Written By Luthfie fadhillah on Monday, January 28, 2013 | 8:29 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama selama kepemimpinannya yang masih seumur jagung telah menunjukkan sikap tegasnya terhadap aparat birokrasi. Sering terlihat ia berkata-kata dengan nada tinggi dan tak segan mengancam mereka yang bersikap tidak jujur dalam pengelolaan keuangan negara. Basuki terkesan berani dalam menenantang arus birokrasi yang telah mapan selama ini.


Keberanian Basuki bukan tanpa landasan. Ketika menerima kunjungan 38 finalis Puteri Indonesia 2013 di Balaikota Jakarta, Senin (28/1/2013),
Basuki mendapat pertanyaan dari salah seorang finalis Puteri Indonesia, apa motto hidupnya.


"Yang ikut arus akan cepat mati," jawab Basuki singkat. Ia menjelaskan, untuk tidak mengikuti arus, seseorang harus berani keluar dari zona nyaman. Basuki mengimbau Puteri Indonesia untuk berani keluar dari zona nyaman.


"Hari ini panggilan bagi Puteri Indonesia untuk keluar dari zona nyaman, untuk membantu mengajak pindah warga ke Rusun Marunda. Kalau pindah sama saya, maunya ajak berantem terus," kata Basuki. Ia menyinggung soal upaya Pemprov DKI Jakarta yang berusaha memindahkan warga yang tinggal di bantaran waduk Pluit ke Rusun Marunda.


Selanjutnya, pada bagian lain, ia bertutur tentang pengalamannya mengajari anak-anaknya tentang arti miskin dan kaya. Kata Basuki, selama ini anak-anaknya selalu mengeluh dan jarang bersyukur kepada Tuhan, padahal Basuki selalu memenuhi segala kebutuhan mereka.


"Anak-anak saya, mereka naik bus yang bayar mahal. Kemudian anak saya bilang, dia paling miskin. Saya menjelaskan definisi orang yang paling kaya adalah orang yang punya semua kecuali uang yang banyak dan orang paling miskin itu mereka yang punya uang banyak tapi enggak punya semuanya," cerita Basuki.


Dengan penjelasan itu, kata dia, anak-anaknya kini dapat mensyukuri semua pemberian dan berkah yang mereka terima. Mereka tak pernah lagi mengeluh, bahkan tak segan pergi ke sekolah menggunakan bus atau angkutan umum.


"Kayak kemarin peristiwa banjir, anak saya yang besar bekerja di panti asuhan. Pikirkan mereka sebagai pemberi kerja, bukan pencari kerja. Intinya, yang penting kepekaan sosial terhadap lingkungan," kata Basuki.












Anda sedang membaca artikel tentang

Motto Basuki: Yang Ikut Arus Akan Cepat Mati!

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2013/01/motto-basuki-yang-ikut-arus-akan-cepat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Motto Basuki: Yang Ikut Arus Akan Cepat Mati!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Motto Basuki: Yang Ikut Arus Akan Cepat Mati!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger