Sabang Jazz Festival Pertama Siap Digelar di Pulau Weh

Written By Luthfie fadhillah on Monday, December 17, 2012 | 8:07 PM


Jumpa pers Sabang Jazz

Jumpa pers Sabang Jazz (sumber: Beritasatu.com/Yanuar Rahman)




"Ada sekitar 55 musisi yang akan mendukung."

Dalam rangka memperkenalkan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Sabang, Aceh, Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI bersama dengan Pemerintah Kota Sabang dan musisi lokal yang diwakili oleh Dwiki Dharmawan menggagas Sabang Jazz Festival di Sabang Fair, Pulau Weh pada tanggal 22 Desember 2012.

"Sabang akan dijadikan pintu gerbang untuk wisatawan mancanegara. Kalau tidak dibuatkan event, tidak akan dikenal. Oleh karena itu kita buatkan acara musik. Ini wajib dikembangkan. Parekraf akan mendukung," kata Fathul Bahri yang mewakili Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI saat ditemui di acara jumpa pers Sabang Jazz di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat hari ini.

Sabang Jazz akan diramaikan oleh sejumlah musisi jazz papan atas dari dalam dan luar negeri seperti Andien, Nikita Dompas Band, Krakatau Band, Farabi All Stars feat. Iwan Abdie dan Ita Purnamasari, Steve Thornton, Ron Reeves serta Naseem Nahid, mantan anggota grup musik Debu yang nantinya akan membawakan musik bernuansa mediterania.

"Ada sekitar 55 musisi yang akan mendukung dalam satu panggung yang dibagi menjadi dua nantinya. Kita ada enam show, jadi bisa mewakili genre pada jazz seperti bebop, swing, smooth jazz dan ethno jazz," jelas Dwiki Dharmawan.

Dalam gelaran pertamanya, Sabang Jazz Festival akan menyajikan konsep gabungan Jazz dengan etnik yang dekat dengan budaya Aceh.

Oleh karena itu, Sabang Jazz Festival sengaja mengundang musisi mancanegara yang memiliki warna musik dekat dengan nuansa ketimuran, seperti Naseem Nahid yang nantinya akan menyanyikan lagu tradisional Turki, Ron Reeves seorang ethno-musikolog sekaligus ahli musik perkusi dunia serta Steve Thornton ahli musik latin yang akan berkolaborasi dengan pemain musik lokal untuk menyajikan penampilan berbeda nantinya.

"Jadi ada Rapa'i (musik khas Aceh) meet Latin nantinya," kata Dwiki.

Festival Jazz pertama di kawasan paling Barat Indonesia itu rencananya akan digelar secara berurutan tanpa jeda mulai pukul 19.00 WIB dan tidak ditarik biaya apapun serta terbuka untuk umum.

Anda sedang membaca artikel tentang

Sabang Jazz Festival Pertama Siap Digelar di Pulau Weh

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/12/sabang-jazz-festival-pertama-siap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sabang Jazz Festival Pertama Siap Digelar di Pulau Weh

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sabang Jazz Festival Pertama Siap Digelar di Pulau Weh

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger