Jika Angkot Diganti, Sopir Tak Tau Kerja Apa

Written By Luthfie fadhillah on Tuesday, November 20, 2012 | 8:29 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Para sopir angkutan kota di Jakarta Utara turut mogok, Selasa (20/11/2012), menyampaikan sejumlah tuntutan. Mereka memarkir kendaraan di sepanjang Jalan Sulawesi, sehingga menghambat arus lalu lintas.



"Satu yang paling kami khawatirkan adalah rencana penggantian armada dengan bus, empat angkutan kota diganti satu bus sedang. Jika benar demikian, kami harus kerja apa untuk makan keluarga," kata Endang Supriatna (45), sopir angkutan jurusan Tanjung Priok-Cakung-Cilincing.



Menurut dia, ada sekitar 1.300 angkutan kota (angkot) yang beroperasi di Jakarta Utara. Setiap angkot  rata-rata dioperasikan dua orang.


"Artinya ada 2.600 sopir. Jika jumlahnya dikurangi seperempat, kemana tiga perempat bagian lainnya? Ini yang bikin kami resah," kata Endang yang telah menjadi sopir sejak tahun 1991.



Selain jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak, Endang dan para sopir menghadapi sejumlah hal yang semakin sulit. Kemacetan, pungutan liar, dan kondisi cuaca seperti hujan turut menurunkan penghasilan.


"Hampir 12 jam bekerja, penghasilan rata-rata Rp 30.000. Tentu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan saat ini," ujarnya.



Tabri (47), sopir lainnya, berharap pemerintah memikirkan nasib para sopir jika armada diganti atau dikurangi. Mereka menyatakan tak menolak rencana pemerintah daerah meremajakan armada dan memperbaiki transportasi umum. Namun, mereka tak ingin kehilangan sumber pendapatan.



Selain penggantian armada, para sopir juga berharap pungutan liar dibersihkan. Dalam sehari, mereka mengaku mengeluarkan lebih dari Rp 15.000 untuk keperluan tak resmi itu.



Pemerintah DKI Jakarta berencana menata sistem transportasi publik secara bertahap, dimulai dari peremajaan bus ukuran sedang. Peremajaan dilakukan melalui pola hibah dan subsidi dengan terlebih dulu memperbaiki organisasi kepemilikan kendaraan.












Anda sedang membaca artikel tentang

Jika Angkot Diganti, Sopir Tak Tau Kerja Apa

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/11/jika-angkot-diganti-sopir-tak-tau-kerja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jika Angkot Diganti, Sopir Tak Tau Kerja Apa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jika Angkot Diganti, Sopir Tak Tau Kerja Apa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger