Eks Penyidik: Saya Benci Pimpinannya, Bukan KPK

Written By Luthfie fadhillah on Tuesday, November 27, 2012 | 8:10 PM





Eks Penyidik: Saya Benci Pimpinannya, Bukan KPK





Penulis : Dian Maharani | Selasa, 27 November 2012 | 19:49 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Hendy F Kurniawan merasa tidak cocok dengan kepemimpinan Abraham Samad. Menurutnya Abraham Samad kerap bertindak tidak profesional dalam menangani kasus.


Hendy juga salah satu mantan penyidik yang hadir dalam pertemuan bersama Komisi III DPR beberapa waktu lalu. Ia menegaskan, penuturannya tersebut bukan dalam upaya melemahkan KPK. Alasan Hendy memutuskan untuk mengundurkan diri pada 1 November 2012 lalu itu pun salah satunya karena kinerja Abraham.


Menurutnya, pengakuannya tersebut justru untuk perbaikan di KPK. "Jangan kemudian KPK di bawah Samad kemudian hancur. Yang saya benci bukan KPK, tapi pimpinannya. Jadi KPK harus diselamatkan," terangnya di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2012).


Menurut Hendy, Abraham Samad kerap bertindak sesuka hati dan tidak melakukan penanganan pemberantasan korupsi sesuai SOP (Standard Operating Procedure). Menurut Hendy, saat Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom dijadikan tersangka kasus suap cek pelawat pada Januari 2012 belum ada diterbitkan surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik).


Hal tersebut kembali terulang pada penetapan Angelina Sondakh sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka, meskipun belum ada alat bukti yang cukup. Penetapan tersangka juga tidak melalui ekspos perkara.


Hendy juga mengaku pernah bertengkar dengan Abraham mengenai hal itu, sebab Abraham memintanya untuk mengikuti perintah. Ketika menentang keputusan Abraham, ia pun sempat diganti oleh penyidik lain. "Samad pernah usahakan saya agar keluar dari KPK dengan melapor ke Kapolri bahwa saya membangkang dan tidak taat perintah," ungkapnya.


Terkait pengakuan Hendy ini, Juru Bicara KPK membantah jika pimpinan KPK tidak profesional. Selengkapnya keterangan Johan Budi baca KPK: Buktinya, Miranda Bersalah


















Anda sedang membaca artikel tentang

Eks Penyidik: Saya Benci Pimpinannya, Bukan KPK

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/11/eks-penyidik-saya-benci-pimpinannya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Eks Penyidik: Saya Benci Pimpinannya, Bukan KPK

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Eks Penyidik: Saya Benci Pimpinannya, Bukan KPK

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger