Ada Anggota DPR yang Sengaja Loloskan Kontrak "Multiyears"

Written By Luthfie fadhillah on Saturday, November 3, 2012 | 8:10 PM




Skandal Proyek Hambalang


Ada Anggota DPR yang Sengaja Loloskan Kontrak 'Multiyears'





Penulis : Sabrina Asril | Sabtu, 3 November 2012 | 18:43 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan indikasi kerugian negara dari sistem multiyears yang digunakan untuk membangun Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang di Kementerian Pemuda dan Olahraga.


Sistem pembiayaan multiyears ini bahkan disetujui Menteri Keuangan Agus Martowardoyo meski tidak ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Penganggaran Hambalang ini tidak terlepas dari persetujuan anggota DPR.


Hal ini diakui anggota Panja Hambalang Zul Fadhli, Sabtu (3/11/2012), usai diskusi di Warung Daun Cikini. Zul Fadhli tidak memungkiri bahwa skema pembiayaan multiyears harus disepakati DPR sebelum disetujui Menteri Keuangan. "Seharusnya memang dibahas dulu di DPR. Yang membahas itu Pokja Anggaran Hambalang," katanya.


Menurut Zul Fadhli, rapat kerja antara Komisi X dengan Kemenpora sama sekali tidak pernah membahas proyek Hambalang. Pembahasan di rapat kerja hanya untuk alokasi anggaran program, misalnya jumlah anggaran pemuda dan olahraga di Kemenpora.


"Sementara untuk membahas anggaran-anggaran per program secara detail di masing-masing kegiatan, Pokja Anggaran diisi perwakilan masing-masing fraksi. Jadi pokja ini seperti menerima mandat dari komisi untuk membahas lebih mendalam untuk kemudian disetujui di tingkat Badan Anggaran," ujar politisi Partai Golkar ini.


Zul Fadgli pun mengakui bahwa setiap rapat yang terjadi di Pokja Anggaran tidak pernah dibawa lagi ke sidang Komisi. Pokja Anggaran bisa langsung mengajukannya ke Badan Anggaran untuk disahkan masuk ke dalam APBN. Anggota Panja Hambalang ini menduga ada permainan oknum-oknum anggota DPR di Pokja Anggaran yang menyetujui kontrak multiyears Hambalang.


"Iya, pasti ada yang oknum yang bermain di situ karena kontrak itu atas persetujuan DPR, sementara kami di Komisi tidak tahu kalau ternyata multiyears," kata Zul Fadhli lagi.


Dia menjelaskan bahwa Komisi X baru tahu proyek Hambalang dibuat multiyears setelah melakukan rapat kerja dengan Menpora Andi Malarangeng pada tahun 2011 di mana Menpora memaksa untuk anggaran tambahan proyek Hambalang sebesar Rp 400 miliar. Padahal di rancangan awal, proyek Hambalang yang dirintis di masa Menpora Adhyaksa Dault ini hanya dianggarkan Rp 125 miliar.

















Anda sedang membaca artikel tentang

Ada Anggota DPR yang Sengaja Loloskan Kontrak "Multiyears"

Dengan url

http://malariamosquito.blogspot.com/2012/11/ada-anggota-dpr-yang-sengaja-loloskan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ada Anggota DPR yang Sengaja Loloskan Kontrak "Multiyears"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ada Anggota DPR yang Sengaja Loloskan Kontrak "Multiyears"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger